Saturday, January 17, 2009

Persiapan menghadapi Ujian Nasional 2009

kiat_lulus_ujian_nasional_2009Ujian Nasional (UN), apa seh yang membuat menakutkan dari Kata "UN"? Beberapa kali menjadi pengawas Tim Pengawas Independen Ujian Nasional (TPI). Sepertinya sekolah dan siswa tidak perlu riasu dengan UN ini. UN secara singkat merupakan proses yang harus dikuti untuk mencapai kelulusan. Terlepas antara pro dan kontra tentang UN, setidaknya ini merupakan solusi terbaik yang bisa digunakan saat ini untuk menguji "tingkat penddikan secara nasional". Disamping itu tidak dipungkiri juga masiha da kelemahan dari sistem UN.


Persiapan bagi sekolah penyelenggara saya rasa tidak begitu masalah, Aturan penyelenggaraan biasanya sudah jelas dan mudah dibaca. Meskipun hal yang rutin setidaknya perlu dilakukan semacam simulasi untuk menuju penyelenggaraan UN yang berhasil. Oya, peran penyelenggaran juga perlu meyiapkan siswa didik secara mental "siap" menhadapi UN.


Persipan untuk Peserta (siswa) pastinya harus Berusaha dan berdoa. Belajar  secara rutin dan kontinyu, tidak bisa hanya mengadalkan sistem belajar kebut semalam (SKS /Sistem Kebut Semalam). Masih ada waktu belajar yang cukup kalaupun anda baru memulai pada hari ini.


Program bimbingan juga bisa menajdi alternatif yang baik untuk memberikan bimbingan dan arahan termasuk strategi dalam penyelesain soal dihadapkan dengan waktu. Ilmu ini mungkin yang jarang didapatkan dibangku sekolah.


Belajar secara berkelompok akan lebih baik, saling berlomba dan membantu dalam menyelesaikan permasalahn terkait dengan soal (sontoh soal). Jika ada yang bisa memandu tentunya jauh lebih baik, bisa mendapatkan solusi dengan lebih cepat.


Belajar dari Kisi-ksis soal Ujian Sebelumnay atau soal-soal latihan yang relevan juga merupakan metode yang cukup baik. Setidaknya untuk mengasah dan melatih kita dengan berbagai karakteristik soal yang berbeda.  Sudah ada internet, tidak ada salahnya gunakan internet untuk mencari Kisi-ksis soal Ujian.


Beberapa Link yang mungin bisa membantu :



15 comments:

  1. Wah ini official blognya kecamatan sedayu ya? kerenlah..cuma kalo misalnya dibenahi lagi, misal lebih spesifik membahas tentang sedayu dan segala kelebihannya, seperti kerajinan, grup kesenian, dan lain lain saya kira blog ini bisa dimaksimalkan untuk memperkenalkan kecamatan sedayu pada dunia luar, bahkan tidak menutup kemungkinan bakal ada investor asing yang mau maen ke sedayu mungkin? bukankah setiap web yang udah dipublish ke internet bakal bisa diakses dari seluruh dunia..ayo semangat lagi buat adminnya..!!! salam hangat selalu.

    ReplyDelete
  2. waduh untuk sy dah tua yach.. jadi ngga perlu persiapan :)

    ReplyDelete
  3. Buat bekal 2 taun lagi dah...
    masih kelas 10 nih... ^_^

    ReplyDelete
  4. Iya betul.. untuk berdoa lebih diseringin..

    ReplyDelete
  5. makacie ya...bner bangEt tu..

    ReplyDelete
  6. huf !! ujian nasional...mengapa....mengapa...ya....

    ReplyDelete
  7. boleh minta kisi uan 09 soalnya aku perlu nmgt

    ReplyDelete
  8. KENAPA UJIAN SEMAKIN HARI TERASA BEGITU SULIT???BOKRH MNTA PEMBAHASAN TENTANG KISI 09 YG PALING UP DET GK??

    ReplyDelete
  9. KENAPA UJIAN SEMAKIN HARI TERASA BEGITU SULIT???BOKRH MNTA PEMBAHASAN TENTANG KISI 09 YG PALING UP DETA GK??

    ReplyDelete
  10. uiGh,,
    koG aRuZ UN xIeH???

    ReplyDelete
  11. ehm...... buat UAN aQ cuma mau ngasih saran di istikomahin shalat 5 waktune n diusahain buat shalat tahajut juga diistikomahkan,dengan itu maka alloh akan memberikan segala kemudahan,
    amieeeeen...

    ReplyDelete
  12. "UN"????,,,,,mendengarnya saja rasanya sudah pusing duluan, apa Jadinya kalau saya "TL" pastinya bukan hanya saya yang malu, orang tua, dan guru juga akan merasa malu, yang membuat saya takut akan "UN" adalah "Ketidak Lulusan" mengingat standar nilai kelulusan adalah 5,50. Pemerintah juga menaikkan standar nilai kejuruan untuk Praktik adalah 7.00 dan standar nilai teori minimal 5.00. Saya sebagai siswa tentunya hanya bisa mempersiapkan diri, dan materi UN. alhamdulilah Saya mengikuti bimbel diluar jam pelajaran sekolah, setidaknya itu dapat membantu Saya dalam mengingat dan memahami banyak pelajaran untuk "UN" nanti. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa saya juga takut "TL" meskipun saya mengikuti bimbel diluar jam pelajaran sekolah karena saya membayangkan nilai sebesar itu yang harus dicapai. Jalan satu-satunya untuk menghilangkan rasa takut itu adalah dengan menghibur diri sendiri dan memotivasi diri sendiri agar lebih giat belajar dengan begitu Saya YAKIN dan OPTIMIS saya pasti "LULUS UN", tapi tidak dengan SKS (Sistim kebut semalam). Persiapan yang saya lakukan sejauh ini hanya belajar, menjaga fisik agar tetap sehat, dan berdoa. tanpa belajar pastinya kita tidak akan bisa menjawab soal tersebut, tapi jangan terlalu diforsir fikiran kita untuk belajar karena itu akan membuat kita merasa jenuh dan mudah lelah., belajar yang ringan-ringan ajah. Tubuh juga harus tetap sehat karena kalau tubuh aja sudah tidak sehat itu pasti semuanya kacau, perbanyak minum vitamin. Kita sehat dan sudah belajar, tapi kita tidak berdoa, itu sama saja bohong. Minta restu kepada orang tua, karena ridho allah itu berawal dari ridhonya orang tua kita. buat seluruh teman - teman yang akan berperang melawan "UN" semangat yah, YAKINLAH bahwa kalian pasti LULUS!!!!!! WELCOME TO UN 2009.............................

    ReplyDelete
  13. UANNNNNNNNNNNN adlah suatu jalan untuk mnentukan kehidupan
    tapi qta g usah mkirin terlalu karena bkin stress jadi kunci utama menghadapi uan adlah optimis

    ReplyDelete