Tuesday, February 3, 2009

Wisata gratis di Stasiun Rewulu

stasiun_rewulu_bantulStasiun Rewulu berada di Wilayah Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Ada yang unik membedakan antara Stasiun Rewulu dengan yang lain, disana dekat dengan Depot BBM Rewulu. Sehingga selain Kereta Penumpang, Barang juga sering lewat dan "Parkir" kerata BBM dari Pertamina. Depot Rewulu berajak sekitar 1 km sebelah selatan Stasiun Rewulu. Terhubung secara langsung dengan satu jalur Rel Kereta Api melewati perkampungan Gancahan hingga masuk "depot".


Ada hal lain juga yang membedakan dengan satsiun lain, Rewulu stasiun yang kecil. dan tidak untuk penumpang umum. Lokasi Stasiun di pinggir sawah tereksan asri dan sejuk.

Terkait dengan Stasiun Rewulu, dari harian Sinar Harapan diberitakan, pada tahap awal, dioperasikan jalur ganda KA pada ruas antara Stasiun Wojo-Kedundang-Wates sepanjang 13,58 km setelah dilakukan uji coba pengoperasian pada 17 Juli ini di ruas yang sama. Pada tahap selanjutnya, akan dioperasikan pula ruas Stasiun Jenar- Stasiun Wojo (sekitar 8,39 km), Stasiun Kutoarjo-Stasiun Jenar (13,59 km), Stasiun Wates-Stasiun Sentolo (10,21 km), Stasiun Sentolo-Stasiun Rewulu (9,04 km), Stasiun Rewulu-Stasiun Patukan (4,57 km), dan Stasiun Patukan-Stasiun Yogyakarta (4,24 km).

Jadwal kereta yang sering lewat biasanya pagi antara jam 05 - jam 08 dan sore harijam 15 - 17.00. Meskipun setiap saat ada kereta yang lewat. Pengunjung kebnayakan mereka yang sdauh berkeluarga dengan membawa anak-anaknya. Wisata yang murah dan menarik bukan?
Video Stasiun Rewulu

3 comments:

  1. Pas jalan" di google saya menemukan Sedayu /Rewulu tempoo Doeloe :)
    disini : http://bit.ly/22az72

    dapat info awalnya dari Forum detik :
    http://forum.detik.com/showthread.php?t=25239&page=125

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Di stasiun ini, aku pernah menggelandang sehari (pada tahun 2002). Aku naik kereta minyak dari stasiun gambringan grobogan. Kini aku pengen mengenangnya. Beri aku fotonya dong

    ReplyDelete